Makalah Hiburan Modern Jaman Millenium
Mall Hiburan
Modern Jaman Millenium
Makalah ini
disusun untuk memenuhi Ujian Praktik
mata
pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok PI
Anggota Kelompok
1. Augustin
Claudia.............................12-IPS3/04
2. Eunike Patricia................................12-IPS3/07
3. Michele Juanita Lukman........... .......12-IPS3/27
4.Petronella Theodora Labina................ 12-IPS3/32
SMA SANTA MARIA SURABAYA
JL. RAYA DARMO 49 SURABAYA
TAHUN 2017
JL. RAYA DARMO 49 SURABAYA
TAHUN 2017
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
KATA PENGANTAR
Puji Tuhan kami
haturkan kehadapan Allah atas selesainya makalah Ujian Praktik gabungan tiga
mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok KWU. Makalah ini kami susun
kerja bersama anggota TIM dengan tugas yang berbeda-beda. Penyelesain makalah
memerlukan bimbingan dari berbagai pihak terutama kepada guru pembina. Karena
itu kami menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada:
1. Bapak Ruslan, S.Kom, sebagai guru
TIK telah membimbing penulisan program serta Flowcart program yang
dilampirakan.
2. Ibu Christina Soemawartini S.Pd.,
selaku guru Bahasa Indonesia telah membimbing penulisan makalah Ujian Praktik
ini
3. Bapak drs. I Ketut Samudra,ST.,M.Pd.
selaku guru Mulok KWU telah membimbing pembuatan proyek maket Mall Hiburan
Modern Jaman Millenium.
Makalah ini masih jauh dari sempurna sehingga perlu
masukan yang membangun dari pembaca dan pembina. Sehingga nanti menjadi makalah
yang berkualitas dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan.
DAFTAR ISI
Halaman Sampul
...................................................................................................................
i
Kata Pengantar
....................................................................................................................
ii
Daftar Isi ..............................................................................................................................
iii
BAB I: PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
.................................................................................................................
1
B. Rumusan Masalah
..............................................................................................................
1
C. Tujuan Manfaat................................................................................................................... 1
D. Batasan istilah
.................................................................................................................... 1
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Mall
.................................................................................................................................... 2
B. Mikrokontroller
..................................................................................................................
2
C. Kerangka Konsep Berpikir
.................................................................................................
2
BAB III PEMBUATAN PROYEK
A. Mall
Hiburan Jaman Millenium
.........................................................................................
3
B. Alat
dan Bahan
...................................................................................................................
3
C. Blok
Diagram
.....................................................................................................................
3
D. Cara
Kerja Proyek Umum
..................................................................................................
4
BAB IV ANALISIS DATA
PROYEK
A. Spesifikasi Maket ................................................................................................................
5
B. Kinerja Proyek
....................................................................................................................
5
C. Flowcart Program ...............................................................................................................
6
D. Lampiran Program TurboC++ Versi Arduino
.................................................................... 7
BAB V KESIMPULAN
A. Kesimpulan
........................................................................................................................
11
B. Kritik
dan Saran
.................................................................................................................
11
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................................
12
BAB 1 I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pada abad ke-21 ini
yang sering kita sebut sebagai jaman millenium dimana banyak anak muda yang
mencari hiburan di berbagai tempat praktis seperti Mall. Pada jaman sekarang
banyak orang khususnya generasi muda yang suka berwisata kuliner, membeli
berbagai pakaian (shopping), bermain,
dan lain-lain. Berbagai kebutuhan tersebut mendorong untuk dibentuknya sebuah
mall yang berisi berbagai stan makanan, tempat bermain, toko baju, dan lain
sebagainya. Sehingga memudahkan konsumen untuk memenuhi kebutuhannya di satu
tempat praktis.
Setiap
konsumen dapat menikmati segala fasilitas yang disediakan untuk tujuan hiburan
dan memenuhi kebutuhan rohaninya. Dengan begitu akan tercipta kondisi sosial
yang damai dan tentram serta harmonis.
Berdasarkan
kenyataan dan harapan di atas penulis mencoba merancang proyek pembuatan Mall
hiburan modern jaman millenium. Konsumen dapat menikmati fasilitas stan makanan
di bagian luar mall dengan konsep makanan sederhana, tempat bermain, toko baju,
dan dilengkapi dengan musik yang nyaman didengar.
2.1 Rumusan Masalah
Rumusan masalah
secara umum adalah:
"Bagaimana
merancang mall modern dengan konsep sederhana dan dilengkapi fasilitas yang
memadai?"
Rumusan umum di
atas diuraikan menjadi beberapa masalah secara khusus:
1. Bagaimana bentuk
mall modern berupa maket?
2. Bagaimana
merancang sistem kerja alat-alat penunjang aktivitas mall terutama
kelistrikannya?
3. Bagaimana sistem
pengendalian alat-alat penunjang mall dengan sistem komputer?
2.2 Tujuan dan Manfaat
2.2 Tujuan dan Manfaat
1. Tujuan:
Membangun bentuk maket mall modern berkelas dan menghibur
2. Manfaat : Mall
berupa maket dapat dimanfaatkan sebagai contoh untuk mengatasi masalah
pemenuhan kebutuhan rohani konsumen
2.3 Batasan Istilah
Mall hiburan modern artinya mall
sebagai tempat pemenuhan kebutuhan hiburan konsumen dengan menyediakan berbagai
fasilitas dan teknologi canggih
Jaman Millenium artinya menggunakan sistem pengendalian dan teknologi abad 21 yang canggih dan berkelas
Jaman Millenium artinya menggunakan sistem pengendalian dan teknologi abad 21 yang canggih dan berkelas
BAB II
KAJIAN
PUSTAKA
2.1 Mall
Mall adalah pusat perbelanjaan yang berintikan satu atau
beberapa departement store besar sebagai daya tarik dari retail-retail kecil
dan rumah makan dengan tipologi bangunan seperti toko yang menghadap ke koridor
utama mall atau pedestrian yang merupakan unsur utama dari sebuah pusat
perbelanjaan (mall), dengan fungsi sebagai sirkulasi dan sebagai ruang komunal
bagi terselenggaranya interaksi antar pengunjung dan pedagang (Maitland, 1987)
Mall diartikan sebagai suatu area pergerakan (linier) pada
suatu area pusat bisnis kota (central city business area) yang lebih
diorientasikan bagi pejalan kaki. Berbentuk pedestrian dengan kombinasi plaza
dan ruang-ruang interaksional (Rubenstein, 1978).
2.2
Microcontroller
Mikrokontroler
adalah sebuah alat pengendali (kontroler) berukuran mikro atau sangat
kecil yang dikemas dalam bentuk chip. Sebuah mikrokontroler pada dasarnya
bekerja sepertisebuah mainboard pada komputer. Bagian – bagian Mikrokontroler
antara lain: CPU(Central Processing Unit), Memori Program, Memori data, Alat
pemrograman, Input /output, dan Modul tambahan.
Pengunaan
utama dari mikrokontroler adalah untuk mengontrol operasi dari mesin. Strategi
kendali untuk mengontrol mesin tertentu dimodelkan dalam program algoritma
pengaturan yang ditulis dalam bahasa assembly. Program tersebut selanjutnya di
translasi ke kode mesin digital dan disimpan selanjutnya di dalam media
penyimpanan digital yang disebut ROM. Mikrokontroler
adalah Central processing unit (CPU) yang disertai memori serta sarana Input/output
dan dibuat dalam satu chip. (http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/26945/)
2.3 Kerangka Konsep Berpikir
BAB
III
PERENCANAAN
PEMBUATAN PROYEK
3.1 Mall
Hiburan Jaman Millenium
Mall
hiburan ini masih berupa maket yaitu model yang terdiri dari 3 lantai dan foos
station dibagian luar mall. Lantai 1 terdiri dari hypermart untuk berbelanja
kebutuhan sehari-hari. Lantai 2 terdiri dari berbagai fashion wanita dan pria
yang akan memanjakan mata dan penampilan. Lantai 3 terdiri dari bioskop, tempat
para pengunjung menonton film bersama secara langsung dan nyaman. Dan pada
bagian luar atau halaman depan mall terdapat food station yang merupakan tempat
berbagai makanan modern dan tradisional yang akan memanjakan lidah para
pengunjung.
3.2 Alat
dan Bahan
1.
Mekanik Proyek
a. Triplek,
Karton
b. Lem,
Isolasi
c. aksesoris
(mobil, tiang, dlll)
2.
Elektronika
a. Mikrokontroller Arduino
b. Led dan Resistor
c. Sensor dan Spiker
d. Kabel, timah solder
3.3 Blok
Diagram
3.4 Cara
Kerja Proyek Umum
Mall
hiburan ini akan dilengkapi dengan fasilitas sistem parkir kendaraan. Dimana,
akan terdapat palang pintu parkir yang akan terbuka apabila menekan tombol
sehingga mobil dapat masuk, dan palang pintu akan tertutup setelah mobil masuk.
Selain itu, terdapat pula fasilitas pintu mall yang akan berputar apabila
terdapat orang disekitar sensor gerak sehingga orang tersebut dapat memasuki
ruangan mall. Mall ini juga dilengkapi dengan fasilitas speaker yang terdapat
pada lantai 3 sebagai sarana memeriahkan suasana mall dengan lagu yang diputar
secara terus menerus. Pada bagian depan mall terdapat food station yang
dilengkapi dengan lampu kelap-kelip dan berwarna secara bergantian.
BAB IV
ANALISIS DATA PROYEK
4.1 Spesifikasi Maket
Spesifikasi maket mall hiburan modern jaman milenium dirancang dengan
ukuran kecil:
·
Luas area : 76x65 cm
·
Luas bangunan :
32,5x65 cm
·
Perbandingan Maket dan Real :
1:10.000
·
Panjang bangunan : 65 cm
·
Lebar bangunan :
32,5 cm
·
Tinggi bangunan :
30 cm
Spesifikasi Bahan
·
Alas Triplek dan karton plastik :
76x65 cm tebal 5mm
·
Bahan dinding dan Apat :
Karton tebal 2mm
·
Lem alteco
Spesifikasi Alat Listrik
·
Mikontroller Type Atmega328
·
Lampu LED, 1/4 watt, 2 vol
·
Resistor Gip 1/2 watt nilai 220 Ohm
·
Sensor PIR
·
speaker
·
Kabel nja engkel ukuran kecil serabut (warna merah, hitam, biru, kuning dan
hijau)
·
Timah ukuran 40x60
·
Tombol push on
4.2 Kinerja Proyek
a. Kelebihan Proyek
Kelebihan dari proyek ini adalah
dapat mensimulasi prototype mall hiburan modern sehingga kedepannya dapat
direalisasikan secara massal dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Lampu,
speaker serta alat otomatis lain dapat diataur waktu aktifnya dengan mengubah
kontrol waktu program.
b. Kelemahan Proyek
Maket mall hiburan ini
tidak akan bertahan lama karena bahan pembuatannya yang berasal dari karton dan
triplek, sehingga mudah rusak terkena air ataupun angin. Dalam 1-3 bulan, maket
ini akan rusak dan tidak dapat digunakan. Selain itu, bagian dalam maket juga
tidak menggunakan terlalu banyak miniatur mendukung.
4.3 Flowcart Program
4.4 Lampiran
Program TurboC++ Versi Arduino
//Pemanggilan library LCD
dan Servo
#include <LiquidCrystal.h>
#include <Servo.h>
//Inialisasi pin lcd
LiquidCrystal lcd(2, 3, 4, 5, 6, 7);
//Inialisasi variable
servo
Servo servo;
//Inialisasi pin sensor
ultrasonic
const int pinTrigger = 12;
const int pinEcho = 13;
//Inialisasi varible
durasi dan jarak
float durasi, jarak;
void setup()
{
//Inialisasi jumlah baris dan kolom lcd
lcd.begin(16, 2);
//Deklarasi status I/O
pin ultrasonic
pinMode(pinTrigger, OUTPUT);
pinMode(pinEcho, INPUT);
//Inialisasi pin servo
servo.attach(11);
//Deklarasi awal derajat
servo
servo.write(10);
//Membersihkan lcd
lcd.clear();
//Set posisi kursor pada baris ke 0 dan kolom
ke 0
lcd.setCursor(0, 0);
//Menuliskan karakter pada lcd
lcd.print("Sistemu");
//Set posisi kursor
lcd.setCursor(0, 1);
//Menuliskan karakter pada lcd
lcd.print("Otomatis
//delay 5 detik
delay(5000);
}
void loop()
{
//Mengaktifkan pin Trigger ultrasonic
digitalWrite(pinTrigger, HIGH);
//Delay 10 mikrodetik
delayMicroseconds(10);
//Mematikan pn Trigger
digitalWrite(pinTrigger, LOW);
//Durasi adalah waktu
tunggu pin Echo menjadi bernilai HIGH
//Setelah mendapat pantulan gelombang
ultrasonic dari pin Trigger
durasi = pulseIn(pinEcho, HIGH);
//Konversi nilai durasi ke jarak
jarak = ((durasi * 0.034) / 2);
//Jika jarak <= 6,
maka
if (jarak <= 6)
{
//Servo bergerak ke derajat 70
servo.write(70);
//Menuliskan karakter pada lcd
lcd.clear();
lcd.setCursor(0, 0);
lcd.print("Silahkank");
delay(10);
}
//Jika tidak maka
else
{
//servo bergerak ke derajat 10
servo.write(10);
//Menuliskan karakter pada LCD
lcd.clear();
lcd.setCursor(0, 0);
lcd.print("Dilarangk");
delay(10);
}
}
BAB V
KESIMPULAN
5.1 Kesimpulan
Mall
hiburan modern jaman milenium ini sangat diminati oleh para generasi muda dan
merupakan salah satu kebutuhan hiburan saat ini. Banyak generasi muda yang
pergi ke mall hanya untuk bersantai dan berkumpul bersama. Namun,
keterbatasannya saat ini adalah kurangnya fasilitas dalam sebuah mall. Banyak mall
yang hanya fokus pada satu fasilitas dan tidak menyediakan fasilitas lengkap
dalam satu tempat. Sehingga banyak orang yang merasa tidak puas untuk pergi ke
mall. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah mall dengan fasilitas lengkap mulai
dari makanan, fashion, tempat bermain, supermarket, dan lain-lain. Sehingga,
maket mall hiburan ini sangat diperlukan dalam pengembangan bentuk mall di masa
yang akan datang agar dapat menjawab kebutuhan konsumen
5.2 Kesan Saran
a. Kesan
Dalam
pembuatan maket ini kami sesama anggota kelompok dapat merasa lebih dekat dan
akrab karena memiliki kepentingan dan tujuan yang sama yaitu menyelesaikan
tugas UPRAK dengan nilai yang memuaskan. Oleh karena itu, kami masing-masing
mengalahkan ego dalam pembuatan maket ini. Kami saling bertukar pikiran dan
menghargai pendapat orang lain.
b. Saran
Diharapkan pada masa yang akan datang ujian praktik ini dapat
berjalan lebih baik lagi dengan memanfaatkan bahan-bahan maket yang lebih kuat
dan sistem arduino yang canggih. Selain itu, ujian praktik ini juga dapat
dibimbing tidak hanya oleh satu guru tetapi oleh guru mapel lain yang
bersangkutan. Sehingga, siswa tidak kebingungan dalam proses menyelesaikan
tugas ujian praktik.
DAFTAR
PUSTAKA
Fadilla,
Nada. (2014). Microcontroller. Diakses
pada http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/35001/Chapter%20II.pdf;jsessionid=06D10F933D359A0796093DF6F69CCB89?sequence=4
pada 2 November 2017 pukul 20.35 WIB
Hernandez,
Tata. (2015). Pengertian/Definisi Mall
Menurut Para Ahli. Diakses dari http://www.arsigraf.com/2015/10/pengertian-definisi-mall-menurut.html
pada 2 November 2017 pukul 20.00 WIB
Komputo Tech. (2016). Pengertian Mikrokontroler dari Beberapa Jurnal. Diakses dari http://www.komputoo.pw/2016/01/pengertian-mikrokontroler-dari-beberapa.html pada 2 November 2017 pukul 20.05 WIB
Piston,
Nofgi. (2016). Membuat Pintu Gerbang
Otomatis dengan Arduino. Diakses dari https://nofgipiston.wordpress.com/2016/11/30/membuat-pintu-gerbang-otomatis-dengan-arduino/
pada 2 November 2017 pukul 20.50 WIB
Bagus pol! 95
BalasHapusBagus pol! 95
BalasHapus