Makalah Hiburan Modern Jaman Millenium

Mall Hiburan Modern Jaman Millenium
Makalah ini disusun untuk memenuhi Ujian Praktik
mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok PI





Anggota Kelompok
1. Augustin Claudia.............................12-IPS3/04
2. Eunike Patricia................................12-IPS3/07
3. Michele Juanita Lukman........... .......12-IPS3/27
4.Petronella Theodora Labina................ 12-IPS3/32




SMA SANTA MARIA SURABAYA
JL. RAYA DARMO 49 SURABAYA
TAHUN 2017
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------





KATA PENGANTAR

        Puji Tuhan kami haturkan kehadapan Allah atas selesainya makalah Ujian Praktik gabungan tiga mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok KWU. Makalah ini kami susun kerja bersama anggota TIM dengan tugas yang berbeda-beda. Penyelesain makalah memerlukan bimbingan dari berbagai pihak terutama kepada guru pembina. Karena itu kami menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada:
1.      Bapak Ruslan, S.Kom, sebagai guru TIK telah membimbing penulisan program serta Flowcart program yang dilampirakan.
2.      Ibu Christina Soemawartini S.Pd., selaku guru Bahasa Indonesia telah membimbing penulisan makalah Ujian Praktik  ini
3.      Bapak drs. I Ketut Samudra,ST.,M.Pd. selaku guru Mulok KWU telah membimbing pembuatan proyek maket Mall Hiburan Modern Jaman Millenium.

Makalah ini masih jauh dari sempurna sehingga perlu masukan yang membangun dari pembaca dan pembina. Sehingga nanti menjadi makalah yang berkualitas dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan.



DAFTAR ISI

Halaman Sampul ...................................................................................................................   i
Kata Pengantar    ....................................................................................................................  ii
Daftar Isi   ..............................................................................................................................  iii
BAB I: PENDAHULUAN
A. Latar Belakang  .................................................................................................................   1
B. Rumusan Masalah ..............................................................................................................  1
C. Tujuan Manfaat...................................................................................................................  1
D. Batasan istilah ....................................................................................................................  1
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Mall ....................................................................................................................................  2
B. Mikrokontroller .................................................................................................................. 2
C. Kerangka Konsep Berpikir ................................................................................................. 2
BAB III PEMBUATAN PROYEK
A.  Mall Hiburan Jaman Millenium ......................................................................................... 3
B.  Alat dan Bahan ................................................................................................................... 3
C.  Blok Diagram ..................................................................................................................... 3
D.  Cara Kerja Proyek Umum .................................................................................................. 4
BAB IV ANALISIS DATA PROYEK
A.  Spesifikasi Maket ................................................................................................................ 5
B.  Kinerja Proyek .................................................................................................................... 5
C.  Flowcart Program ............................................................................................................... 6
D.  Lampiran Program TurboC++ Versi Arduino .................................................................... 7
BAB V KESIMPULAN
A.  Kesimpulan ........................................................................................................................ 11
B.  Kritik dan Saran ................................................................................................................. 11

DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................................ 12



BAB 1 I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
         Pada abad ke-21 ini yang sering kita sebut sebagai jaman millenium dimana banyak anak muda yang mencari hiburan di berbagai tempat praktis seperti Mall. Pada jaman sekarang banyak orang khususnya generasi muda yang suka berwisata kuliner, membeli berbagai pakaian (shopping), bermain, dan lain-lain. Berbagai kebutuhan tersebut mendorong untuk dibentuknya sebuah mall yang berisi berbagai stan makanan, tempat bermain, toko baju, dan lain sebagainya. Sehingga memudahkan konsumen untuk memenuhi kebutuhannya di satu tempat praktis.
            Setiap konsumen dapat menikmati segala fasilitas yang disediakan untuk tujuan hiburan dan memenuhi kebutuhan rohaninya. Dengan begitu akan tercipta kondisi sosial yang damai dan tentram serta harmonis.
Berdasarkan kenyataan dan harapan di atas penulis mencoba merancang proyek pembuatan Mall hiburan modern jaman millenium. Konsumen dapat menikmati fasilitas stan makanan di bagian luar mall dengan konsep makanan sederhana, tempat bermain, toko baju, dan dilengkapi dengan musik yang nyaman didengar.  
2.1 Rumusan Masalah
Rumusan masalah secara umum adalah:
"Bagaimana merancang mall modern dengan konsep sederhana dan dilengkapi fasilitas yang memadai?"
Rumusan umum di atas diuraikan menjadi beberapa masalah secara khusus:
1. Bagaimana bentuk mall modern  berupa maket?
2. Bagaimana merancang sistem kerja alat-alat penunjang aktivitas mall terutama kelistrikannya?
3. Bagaimana sistem pengendalian alat-alat penunjang mall dengan sistem komputer?

2.2  Tujuan dan Manfaat
1. Tujuan: Membangun bentuk maket mall modern berkelas dan menghibur
2. Manfaat : Mall berupa maket dapat dimanfaatkan sebagai contoh untuk mengatasi masalah pemenuhan kebutuhan rohani konsumen
2.3 Batasan Istilah
Mall hiburan modern artinya mall sebagai tempat pemenuhan kebutuhan hiburan konsumen dengan menyediakan berbagai fasilitas dan teknologi canggih
Jaman Millenium artinya menggunakan sistem pengendalian dan teknologi abad 21 yang canggih dan berkelas
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
2.1 Mall
Mall adalah pusat perbelanjaan yang berintikan satu atau beberapa departement store besar sebagai daya tarik dari retail-retail kecil dan rumah makan dengan tipologi bangunan seperti toko yang menghadap ke koridor utama mall atau pedestrian yang merupakan unsur utama dari sebuah pusat perbelanjaan (mall), dengan fungsi sebagai sirkulasi dan sebagai ruang komunal bagi terselenggaranya interaksi antar pengunjung dan pedagang (Maitland, 1987)
Mall diartikan sebagai suatu area pergerakan (linier) pada suatu area pusat bisnis kota (central city business area) yang lebih diorientasikan bagi pejalan kaki. Berbentuk pedestrian dengan kombinasi plaza dan ruang-ruang interaksional (Rubenstein, 1978).
2.2 Microcontroller
Mikrokontroler adalah sebuah alat pengendali (kontroler) berukuran mikro atau sangat kecil yang dikemas dalam bentuk chip. Sebuah mikrokontroler pada dasarnya bekerja sepertisebuah mainboard pada komputer. Bagian – bagian Mikrokontroler antara lain: CPU(Central Processing Unit), Memori Program, Memori data, Alat pemrograman, Input /output, dan Modul tambahan.
Pengunaan utama dari mikrokontroler adalah untuk mengontrol operasi dari mesin. Strategi kendali untuk mengontrol mesin tertentu dimodelkan dalam program algoritma pengaturan yang ditulis dalam bahasa assembly. Program tersebut selanjutnya di translasi ke kode mesin digital dan disimpan selanjutnya di dalam media penyimpanan digital yang disebut ROM.  Mikrokontroler adalah Central processing unit (CPU) yang disertai memori serta sarana Input/output dan dibuat dalam satu chip. (http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/26945/)

2.3 Kerangka Konsep Berpikir








BAB III
PERENCANAAN PEMBUATAN PROYEK
3.1  Mall Hiburan Jaman Millenium
Mall hiburan ini masih berupa maket yaitu model yang terdiri dari 3 lantai dan foos station dibagian luar mall. Lantai 1 terdiri dari hypermart untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Lantai 2 terdiri dari berbagai fashion wanita dan pria yang akan memanjakan mata dan penampilan. Lantai 3 terdiri dari bioskop, tempat para pengunjung menonton film bersama secara langsung dan nyaman. Dan pada bagian luar atau halaman depan mall terdapat food station yang merupakan tempat berbagai makanan modern dan tradisional yang akan memanjakan lidah para pengunjung.
3.2  Alat dan Bahan
1.      Mekanik Proyek
a.       Triplek, Karton
b.      Lem, Isolasi
c.       aksesoris (mobil, tiang, dlll)
2.      Elektronika
a.       Mikrokontroller Arduino
b.      Led dan Resistor
c.       Sensor dan Spiker
d.      Kabel, timah solder
3.3  Blok Diagram


3.4  Cara Kerja Proyek Umum
Mall hiburan ini akan dilengkapi dengan fasilitas sistem parkir kendaraan. Dimana, akan terdapat palang pintu parkir yang akan terbuka apabila menekan tombol sehingga mobil dapat masuk, dan palang pintu akan tertutup setelah mobil masuk. Selain itu, terdapat pula fasilitas pintu mall yang akan berputar apabila terdapat orang disekitar sensor gerak sehingga orang tersebut dapat memasuki ruangan mall. Mall ini juga dilengkapi dengan fasilitas speaker yang terdapat pada lantai 3 sebagai sarana memeriahkan suasana mall dengan lagu yang diputar secara terus menerus. Pada bagian depan mall terdapat food station yang dilengkapi dengan lampu kelap-kelip dan berwarna secara bergantian.



BAB IV
ANALISIS DATA PROYEK

4.1 Spesifikasi Maket 
Spesifikasi maket mall hiburan modern jaman milenium dirancang dengan ukuran kecil:
·         Luas area                                                         : 76x65 cm
·         Luas bangunan                                    : 32,5x65 cm
·         Perbandingan Maket dan Real            : 1:10.000
·         Panjang bangunan                               : 65 cm
·         Lebar bangunan                                  : 32,5 cm
·         Tinggi bangunan                                 : 30 cm
Spesifikasi Bahan
·         Alas Triplek dan karton plastik          : 76x65 cm tebal 5mm
·         Bahan dinding dan Apat                     : Karton tebal 2mm
·         Lem alteco
Spesifikasi Alat Listrik 
·         Mikontroller Type Atmega328
·         Lampu LED, 1/4 watt, 2 vol
·         Resistor Gip 1/2 watt nilai 220 Ohm
·         Sensor PIR
·         speaker
·         Kabel nja engkel ukuran kecil serabut (warna merah, hitam, biru, kuning dan hijau)
·         Timah ukuran 40x60
·         Tombol push on

4.2 Kinerja Proyek
a. Kelebihan Proyek

Kelebihan dari proyek ini adalah dapat mensimulasi prototype mall hiburan modern sehingga kedepannya dapat direalisasikan secara massal dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Lampu, speaker serta alat otomatis lain dapat diataur waktu aktifnya dengan mengubah kontrol waktu program.
b.      Kelemahan Proyek

            Maket mall hiburan ini tidak akan bertahan lama karena bahan pembuatannya yang berasal dari karton dan triplek, sehingga mudah rusak terkena air ataupun angin. Dalam 1-3 bulan, maket ini akan rusak dan tidak dapat digunakan. Selain itu, bagian dalam maket juga tidak menggunakan terlalu banyak miniatur mendukung.


4.3 Flowcart Program






4.4 Lampiran Program TurboC++ Versi Arduino
//Pemanggilan library LCD dan Servo
 #include <LiquidCrystal.h>
 #include <Servo.h>

//Inialisasi pin lcd
 LiquidCrystal lcd(2, 3, 4, 5, 6, 7);

//Inialisasi variable servo
 Servo servo;

//Inialisasi pin sensor ultrasonic
 const int pinTrigger = 12;
 const int pinEcho = 13;

//Inialisasi varible durasi dan jarak
 float durasi, jarak;

void setup()
 {
  //Inialisasi jumlah baris dan kolom lcd
  lcd.begin(16, 2);

//Deklarasi status I/O pin ultrasonic
  pinMode(pinTrigger, OUTPUT);
  pinMode(pinEcho, INPUT);

//Inialisasi pin servo
  servo.attach(11);

//Deklarasi awal derajat servo
  servo.write(10);

//Membersihkan lcd
  lcd.clear();
  //Set posisi kursor pada baris ke 0 dan kolom ke 0
  lcd.setCursor(0, 0);
  //Menuliskan karakter pada lcd
  lcd.print("Sistemu");
  //Set posisi kursor
  lcd.setCursor(0, 1);
  //Menuliskan karakter pada lcd
  lcd.print("Otomatis
  //delay 5 detik
  delay(5000);
 }

void loop()
 {
  //Mengaktifkan pin Trigger ultrasonic
  digitalWrite(pinTrigger, HIGH);
  //Delay 10 mikrodetik
  delayMicroseconds(10);
  //Mematikan pn Trigger
  digitalWrite(pinTrigger, LOW);

//Durasi adalah waktu tunggu pin Echo menjadi bernilai HIGH
  //Setelah mendapat pantulan gelombang ultrasonic dari pin Trigger
  durasi = pulseIn(pinEcho, HIGH);
  //Konversi nilai durasi ke jarak
  jarak = ((durasi * 0.034) / 2);

//Jika jarak <= 6, maka
  if (jarak <= 6)
  {
  //Servo bergerak ke derajat 70
  servo.write(70);
  //Menuliskan karakter pada lcd
  lcd.clear();
  lcd.setCursor(0, 0);
  lcd.print("Silahkank");
  delay(10);
  }

//Jika tidak maka
  else
  {
  //servo bergerak ke derajat 10
  servo.write(10);
  //Menuliskan karakter pada LCD
  lcd.clear();
  lcd.setCursor(0, 0);
  lcd.print("Dilarangk");
  delay(10);
  }
 }



BAB V
KESIMPULAN
5.1 Kesimpulan
            Mall hiburan modern jaman milenium ini sangat diminati oleh para generasi muda dan merupakan salah satu kebutuhan hiburan saat ini. Banyak generasi muda yang pergi ke mall hanya untuk bersantai dan berkumpul bersama. Namun, keterbatasannya saat ini adalah kurangnya fasilitas dalam sebuah mall. Banyak mall yang hanya fokus pada satu fasilitas dan tidak menyediakan fasilitas lengkap dalam satu tempat. Sehingga banyak orang yang merasa tidak puas untuk pergi ke mall. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah mall dengan fasilitas lengkap mulai dari makanan, fashion, tempat bermain, supermarket, dan lain-lain. Sehingga, maket mall hiburan ini sangat diperlukan dalam pengembangan bentuk mall di masa yang akan datang agar dapat menjawab kebutuhan konsumen        

5.2 Kesan Saran
a. Kesan
            Dalam pembuatan maket ini kami sesama anggota kelompok dapat merasa lebih dekat dan akrab karena memiliki kepentingan dan tujuan yang sama yaitu menyelesaikan tugas UPRAK dengan nilai yang memuaskan. Oleh karena itu, kami masing-masing mengalahkan ego dalam pembuatan maket ini. Kami saling bertukar pikiran dan menghargai pendapat orang lain.             
b.      Saran
            Diharapkan pada masa yang akan datang ujian praktik ini dapat berjalan lebih baik lagi dengan memanfaatkan bahan-bahan maket yang lebih kuat dan sistem arduino yang canggih. Selain itu, ujian praktik ini juga dapat dibimbing tidak hanya oleh satu guru tetapi oleh guru mapel lain yang bersangkutan. Sehingga, siswa tidak kebingungan dalam proses menyelesaikan tugas ujian praktik.



DAFTAR PUSTAKA

Fadilla, Nada. (2014). Microcontroller. Diakses pada http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/35001/Chapter%20II.pdf;jsessionid=06D10F933D359A0796093DF6F69CCB89?sequence=4 pada 2 November 2017 pukul 20.35 WIB
Hernandez, Tata. (2015). Pengertian/Definisi Mall Menurut Para Ahli. Diakses dari http://www.arsigraf.com/2015/10/pengertian-definisi-mall-menurut.html pada 2 November 2017 pukul 20.00 WIB
Komputo Tech. (2016). Pengertian Mikrokontroler dari Beberapa Jurnal. Diakses dari http://www.komputoo.pw/2016/01/pengertian-mikrokontroler-dari-beberapa.html pada 2 November 2017 pukul 20.05 WIB

Piston, Nofgi. (2016). Membuat Pintu Gerbang Otomatis dengan Arduino. Diakses dari https://nofgipiston.wordpress.com/2016/11/30/membuat-pintu-gerbang-otomatis-dengan-arduino/ pada 2 November 2017 pukul 20.50 WIB

Komentar

Posting Komentar